Anies Dapat Gelar Adat Lampung, Tuan Penata Negaro

Terkini.id, Bandar Lampung — Hari ini, Minggu 8 Mei 2022, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Lampung. 

Layaknya calon Presiden RI, Anies Baswedan pun disambut cukup meriah warga dan pejabat di Lampung, apalagi saat penganugerahan gelar adat Lampung melalui begawi (pesta) adat Mego Pak di kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Gubernur DKI Jakarta Anien Baswedan mendapat gelar Tuan Penata Nagaro, di Lampung, 8 Mei 2022.

Mengenakan baju adat Lampung Pepadun lengkap dengan sarung khas Lampung dan kopiah emas. 

Baca Juga: Aburizal : Saya Masih Punya Pengaruh di Golkar

Ia menaiki kereta kencana berkepala Burung Garuda dan disambut arak-arakan masyarakat menuju ke Sesat Agung Bumi Gayo. 

Teriakan Anies Presiden pun tak teruhindarkan, meski Pemilu 2024 masih jauh. Yel yel terus bergema di sekitar arena tempat masuk gedung prosesi adat.  Masyarakat Tubaba pun menyapa Anies Baswedan dengan salam khas Lampung “Tabik Pun”.

Baca Juga: Selang 3 Hari, 1.400 Pasukan Operasi Darat Untuk Pemenangan Capres...

“Terimalah salam dari kami yang ingin maju bersama-sama,” bunyi yel-yel yang dinyanyikan masyarakat dan Guru Penggerak sebelum Anies Baswedan masuk ke Sesat Agung bumi Gayo.

Di sana telah menunggu para tokoh adat, dan ratuasan tokoh masyarakat Tulangbawang Barat. Mereka tampaknya, telah merindukan Anie Baswedan dan siap untuk mengikuti prosesi pengambilan gelar adat Suttan dari Pemerintah Kabupaten Tubaba.

Terlihat diarena tempat begawi adat, sejak persiapan penyambutan rapi. Banyaknya taruf, dan kursi yang terpasang menunjukkan bahwa kedatangan Anise memang telah direncanakan sejak lama, bukan tiba-tiba.

Baca Juga: Survei: Golkar Peringkat Kedua, Gerindra Terjun Bebas

Antusiasme dilakukan para tetua adat, yang tergabung dalam anggota federasi adat Marga Empat, para kepala SKPD, kepala tiyuh, dan warga.

Pemberian gelar kehormatan Adat Lampung Pepadun dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tubaba kepada gubernur DKI Jakarta, tersebut dasarkan atas hasil keputusan Pepung adat Marga Empat Kabupaten Tulangbawang Barat pada hari Jum’at tanggal 29 April 2022 di unggak sesaat Agung bumi Tulangbawang Barat.

Pepadun Sutan Marga indah suku tepuk Daghak tiyuh Panaragan Marga Tagemo’an.

“Memutuskan H. Tuan Anies Rasyid Baswedan diberikan gelar kehormatan oleh masyarakat adat Kabupaten Tulangbawang Barat  dengan gelar Tuan Penata Negaro,” kata Sutan kuasa Marga.

SK tersebut, diteken ketua federasi adat Marga Empat, dan Sekertaris nya, Abdullah Tuan Tehang Ratu dan di ketahui oleh Bupati Tubaba Umar Ahmad. 

Anies mengatakan sejarah pertama kali ke Tubaba saat mengantar puluhan sarjana berprestasi dalam program Indonesia Mengajar.

“Ini suatu kebanggaan tersendiri saya bisa kembali datang ke Tulangbawang Barat,” ujar Anies di di Sesat Agung Bumi Gayo, Tubaba, Minggu (8/5). (*)

 

Bagikan