Muncul Calon Ketua PBNU dari Tokoh NU Sumatera: Gus Mahadi

Terkini.id, Bandar Lampung – Nama Abdul Khalim Mahali alias Gus Mahali tiba-tiba menjadi perbincangan diarena pra Muktamar 34 NU di Lampung, sejak hari ini, Selasa, 21 Desember 2021. Pasalnya, Dewan Syuriah Pengurus Wilayah (PW) NU Riau, itu bakal maju sebagai calon ketua PB NU.

Latar belakang Gus Mahadi, tak banyak terekspose media. Yang diketahui, bahwa yang bersangkutan tokoh NU Ria, sehingga akan mewakili suara dari pendukung NU se Sumatera. Gus Mahali adalah putra asal Riau yang menjabat sebagai Dewan Syuriah PWNU Provinsi Riau periode 2015-2020.

Kemudian beliau juga merupakan Alumnus International Islamic University (IIU) Islamabad tahun 1995-2005 dan kini sedang berusia 43 tahun.

Baca Juga: Ahmad Muqowam: Calon Ketua NU Harus Berani Adu Program

Selama ini, hanya ada 2 nama yang muncul sebagai calon kuat.Yakni, ketua umum PBNU saat ini, Said Aqiel Siradj, Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya). Gus Yahya merupakan kakak Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas — menjadi penantang Said Aqiel Siradj.

Dengan begitu, kini sudah ada tiga nama yang disebut-sebut sebagai calon terkuat ketua PBNU. 

Wakil Ketua Panitia Lokal, Slamet Anwar, mengatakan Gus Mahali merupakan cucu Dewan Pendiri NU Humaidi Soleh. 

Slamet menerangkan dalam pemilihan nanti, sistemnya seluruh peserta akan mengusulkan nama yang akan menjadi bakal calon ketua. 

“Setelah ditentukan bakal calon, maka akan dilakukan pemilihan lagi untuk menjadi calon tetap,” ujarnya, di temui di arena Muktamar 34 Nu, di Bandar Lampung, Selasa 21 Desember 2021. (*)

Bagikan