Muktamar 34 NU, Wapres Datang Lebih Awal Pulang Belakangan

Terkini.id, Bandar Lampung – Ketua Panitia Daerah Muktamar ke-34 NU Prof Moh Mukri mengatakan, kehadiran Presiden Jokowi untuk membuka muktamar di Ponpes Darussa’adah sudah final berdasarkan info dari istana kepresidenan. “Sedangkan Wapres Ma’ruf Amin akan datang lebih dulu, karena beliau juga sesepuh NU,” kata Moh Mukri kepada Republika, Selasa, 21 Desember 2021. 

Ia mengatakan, berdasarkan agendanya Wapres Ma’ruf Amin, akan lebih dulu tiba di Lampung, sedangkan Presiden Jokowi akan datang pada hari pembukaan muktamar Rabu, 22 Desember 2021 pagi. “Jadi ada dua kepala negara dan wakil kepala negara pada muktamar di NU ini,” ujarnya.

Moh Mukri, yang juga ketua umum PWNU Provinsi Lampung mengatakan, berdasarkan agenda Wapres Ma’ruf Amin akan menutup pelaksanaan muktamar NU pada Kamis (23/12) malam, setelah agenda sidang pemilihan ketua umum PBNU.

Hal sama dikatakan Koordinator Media Muktamar NU Aria selepas dari meninjau arena Ponpes Darussa’adah, Lampung Tengah, persiapan pembukaan muktamar sudah final. Kalau persiapan, ujar dia, sudah 99 persen. “Jarang terjadi apalagi pada muktamar, ada dua petinggi negara presiden dan wapres ada bersamaan,” kata Aria.

Kedatangan kedua kepala negara dan wakilnya di Lampung ini, membuat pengamanan semakin ketat dan berlapis, terutama di area pembukaan muktamar pada Ponpes Darussa’adah, Kecamatan Gunungsugih, Kabupaten Lampung Tengah.

Koordinator Humas Muktamar NU Juwendra Asdiansyah mengatakan, penutupan akan dilakukan Wapres Ma’ruf Amin pada Kamis malam atau Jumat pagi. “Bila tidak memungkinkan waktunya, akan ditutup pada Jumat pagi lalu dilanjutkan peresmian Masjid Safinatul Ulum dalam kampus UIN Raden Intan,” kata Juwendra.

Ia mengatakan, peresmian masjid tersebut terkait karena Ketua Panitia Daerah Muktamar NU Prof Moh Mukri juga sebagai ketua umum PWNU Lampung, dan juga rektor UIN Raden Intan Lampung, tempat arena Muktamar NU. Rencananya, kata dia, Wapres Ma’ruf Amin akan bermalam di Lampung sampai acara muktamar selesai.

Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 akan digelar mulai Rabu esok, 22 Desember sampai 23 Desember 2021 di Provinsi Lampung. Acara ini mengusung thema, ‘Menuju Satu Abad NU, Membangun Kemandirian Warga untuk Perdamaian Dunia’ menjadi tema pokok ajang pengambilan keputusan tertinggi di internal organisasi NU kali ini.

Ketua Panitia Pelaksana Muktamar Ke-34 NU Imam Aziz mengatakan muktamar kali ini menjadi sangat penting karena organisasi Islam terbesar di Indonesia itu tengah berada di penghujung usia satu abad. NU didirikan di Surabaya pada Januari 1926 lalu.

“Dalam muktamar nanti, NU perlu melakukan berbagai refleksi atas keberhasilan yang selama ini telah dicapai, selama hampir satu abad. Selain itu, NU akan mempersiapkan strategi dalam menyongsong abad kedua,” kata Imam. (dbs/ron)

 

 

(*)

Bagikan