Mengejutkan, Baswaslu dan KPU Diskualifikasi Hasil Pilkada Eva -Deddy

Eva Dwiana Herman HN
Calon Walikota BAndar Lampung, Eva Dwiana istri walikota Herman HN

Terkini.id, Bandar Lampung – Mengejutkan, Pilkada serentak di Bandar Lampung yang selama dimenangkan pasangan Eva Dwiana – Deddy Amrullah berujung konflik. Bawaslu dan KPUD membatalkan atau melaksanakan hasil putusan Bawaslu untuk diskualifikasi.

KPUD dalam amar putusan nomor 007/HK.03.1-KPT/1871/KPU-Kot/I2021 sidang yang dilaksanakan Jumat malam, yang isinya membatalkan hasil suara yang dimenangkan pasangan Eva Dwiana – Deddy Amrullah.

Keputusan ini dituangkan dalam Putusan KPU No 007/HK. 03.1-KPT/1871/KPU-kot/I/2021 tentang pembatalan paslon Pilkada tahun 2020.

Menurut Ketua KPU Kota Bandarlampung, Dedy Triadi, keputusan ini diambil usai konsultasi dengan KPU RI menjawab konsultasi KPU Kota dengan mengirim surat bernomor 16/PT.02.1-SD/03/KPU/I/2021.

“Surat putusan ini berlaku sejak dari hari ini, berlaku tiga hari sejak diputuskan KPU dan hari ini adalah hari pertama,” ungkap Deddy, Jumat malam, 8 Januari 2021.

Paslon Eva Dwiana-Deddy Amarullah merupakan paslon dengan perolehan suara terbanyak pada Pilwakot Bandarlampung tahun ini.

Paslon yang diusung PDIP, NasDem, Gerindra, dan Perindo ini diputuskan oleh Bawaslu terbukti telah melakukan pelanggaran secara terstruktur, sistematis, dan masif.

Menurut Deddy, putusan Bawaslu ini berdasarkan UU No 10 tahun 2016 pasal 135 A ayat 4 bahwa putusan bawaslu wajib ditindak lanjuti.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada pihak Eva Dwiana-Deddy Amarullah untuk berkomentar.

Hj. Eva Dwiana, S.E, M.Si. lahir di Tanjung Karang, 25 April 1970; umur 50 tahun). Anggota DPRD Provinsi Lampung dua periode itu lebih dikenal sebagai Bunda Eva adalah istri dari Walikota Bandar Lampung periode 2010-2015 dan 2016-2021 Herman HN.

Dalam Pilkada 2020 lalu, terdapat tiga pasang calon Walikota. Rycko Menoza – Johan Sulaiman (diusung Partai Golkar-PKS), Yusuf Kohar – Tulus Purnomo (Demokrat, PAN, PPP, PKB), dan Eva Dwiana – Deddy Amrullah (PDIP, Gerindra, dan Nasdem). 

Pasangan Eva – Deddy meraih suara terbanyak, 249.241. Sementara, Yusuf Kohar – Tulus 93.200 suara, dan Rycko Menoza- Johan 92.428 suara. (erwin/terkini)

(Erwin/Terkini)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Siap Siap, Tata Ruang Kota Mau Dirubah

DPR Asal Lampung Ingatkan Soal UU Penjaga Pantai Oleh China

Sidak Komisi V DPRD di BPBD, Sejumlah Alat Komunikasi Bencana Rusak

Direktur PT LJU, Aliza dan Keinginannya Punya Asisten Pribadi Cantik

Ali Imron, Masuk DPRD Provinsi Lampung Lagi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar