Wacana Pilkada Ditunda, Apa Sikap Gubernur Lampung ?

Gubernu Lampung Arinal Djunaidi
Gubernu Lampung Arinal Djunaidi

Terkini.id, Bandar Lampung – Wacana penundaan Pilkada 2020 masih menjadi perdebatan. Sejumlah pihak, DPR RI, NU, dan Muhammadiyah masih silang pendapat apakah bisa dilaksanakan di bulan Desember 2020, atau ditunda mengingat penyebaran pandemi Covid 19 makin ganas.

Di Lampung, perdebatanya tidak sekeras yang diterjadi di Jakarta. “Kalau saya tidak merasa tertekan dengan covid 19 ini, asal protokol kesehatan pencegahan dilakukan secara ketat. Tapi Indonesia kan bukan hanya Lampung, Pilkada 2020 kita ikut pusat saja,” kata Gubernur Arinal Djunaidi, Selasa, 22 September 2020.

Sikap Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tentang wacana Pilkada 2020 akan ditunda atau tidak, menyerahkan keputusan sepenuhnya pada pemerintah pusat bersama KPU RI dan Bawaslu RI.

Meski demikian, Arinal Djunaidi mengaku akan terus berkoodinasi dengan pihak terkait, baik di pusat maupun daerah. Rapat bersama KPU, Bawaslu, TNI/POLRI dan jajaran stakeholder membahas mengenai tahapan pilkada mulai dari pendaftaran sampai pencoblosan pada 9 Desember 2020, dilakukan pada Senin, 21 September 2020, kemarin.

Bagi Arinal, memutuskan untuk menunda pilkada bukan wewenangnya. Dalam rapat juga tak ada pembahasan mengenai penundaan pilkada 2020, kata dia.

“Saya gak tau, itu kewenangan KPU RI dan Bawaslu RI. Tadi tidak ada pembahasan itu, karena Anda tahu Lampung ini terbaik dalam tata kelola pengendalian kasus Covid-19,” tambahnya.

Ia melanjutkan, setelah ini pihaknya akan mengundang seluruh pasangan calon, KPU dan Kabupaten dan Kota serta TNI dan Polri untuk melakukan penandatanganan pakta integritas pada Jumat, 25 September 2020 mendatang.

Hal itu dilakukan agar semua pihak berkomitmen untuk mematuhi protokol kesehatan agar tidak ada lagi peningkatan kasus Covid-19. (RR/terkini.id)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Walkot Bandar Lampung Lelet Soal NPHD

Pegawai Dinas Pariwisata Terkena Covid 19

Seorang Anggota DPRD Sempat Disandera Pengunjuk Rasa

Mingrum: Ini Rumah Rakyat, Siapa Saja Boleh Sampaikan Apirasi

Ribuan Mahasiswa Lampung Kepung DPRD Tolak UU Omnibus Law

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar